Ellipsis, Album Biffy Clyro Paling Berani

Biffy-Clyro-Ellipsis

Album Tittle : Ellipsis
Label : 14th Floor/Warner Bros

 

Ellipsis adalah studio album ke-7 dari band asal Scotland ini. Direkam saat band memutuskan ‘rehat’ sejenak sejak akhir 2014 silam, namun ternyata mulai digarap sesaat setelahnya.

Biffy Clyro adalah band experimental yang cerdas dalam memilih tema dalam tiap lagu mereka. Tiap rekaman yang dirilis band ini selalu menyuguhkan emosi meluap-luap yang sebenarnya bukan murni kesukaan band asal Inggris Raya yang cenderung kalem dan lebih gelap dibanding band-band rock Amerika misalnya.

Setelah era album Only Revolution yang rilis pada 2009 silam (dan track Many Of Horror banyak disebut sebagai lagu paling ‘menjual’ mereka, terbukti dengan sempatnya lagu itu dirilis kembali dengan versi lebih ngepop oleh Matt Cardle, pemenang X-Factor UK) dan terbukti ‘laris’ mengangkat nama band, Biffy Clyro sempat merilis juga album Opposites yang kurang bunyi, hingga Ellipsis punya beban cukup berat untuk mengangkat band kembali.

Ellipsis memuat 11 lagu dengan Wolves of Winter, sebuah track khas band dirilis lebih dulu disusul oleh Animal Style yang diyakini lebih vokal mewakili konsep album band ini secara umum.

Re-arrange, track ke-4 terus terang adalah titik balik album ini. Sebuah lagu yang konon dibuat oleh Simon Neill setelah banyak mendengarkan lagu-lagu A$AP Rocky dan Kanye West menjadi sebuah track yang sangat mengganggu. Bukan apa-apa, karena ekseptasi yang mencuat kala mendengarkan album-album Biffy Clyro sebelumnya adalah sekumpulan track yang meluap-luap dan berkesan liar.

Herex, setelahnya, adalah lagu dengan pendekatan lebih baik, sedangkan Medicine adalah lagu bagus yang menyuguhkan vocal empuk Simon Neill dengan iringan akustik gitar yang pas untuk didendangkan dengan menyenangkan.

On a Bang mengembalikan sisi liar band, namun kali ini dengan level distorsi yang lebih kasar dibanding lagu-lagu berat Biffy Clyro sebelumnya semisal That Golden Rule (album Only Revolution) misalnya, hingga kejutan berlanjut di lagu Small Wishes yang pol-polan menyerap gaya country music!

Lagu lainnya, Howl, adalah hasil kolaborasi menyenangkan Biffy Clyro dengan Gary Lightbody (Snow Patrol) dan Johnny McDaid (Vega4). Bisa jadi lagu ini adalah lagu terbaik dari album Ellipsis ini walaupun lagu ini sedikit menyerempet ke gaya bermusik Foo Fighters sebelum album Wasting Light.

Ellipsis mungkin bukan album terbaik band pada akhirnya, paling berani mungkin paling cocok disematkan, namun sisi lain yang saya sangat sukai dari band ini adalah kepolosan mereka memainkan komposisi yang pas dan nyaman ditelinga. Saya kemudian memilih Friends and Enemies sebagai lagu terbaik selanjutnya dengan atau tanpa mengecilkan peluang lagu Re-arrange untuk lebih dicintai karena kemasan pop Amerikanya yang sangat kental.

Ellipsis pada akhirnya adalah tetap album yang baik tapi bukan terbaik, karena buat saya album Puzzle yang memuat lagu Living is a Problem Because Everything Dies adalah yang paling anthemic sepanjang sejarah band sampai sekarang.

iko

Siasat Partikelir, Kolektif 13 Kota, Bergerak Bersama, Rapatkan Barisan!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *