Semisal Music For Brighter Day Bukan Lagi Hanya Pergerakan Independen

Apa yang sebenarnya kita harapkan dari berbagai bentuk komersialisme dan independensi sebuah pagelaran seni adalah bagaimana pagelaran dan kebijakan pergerakan itu akan mampu menyuarakan kebebasan berkomunitas seni hingga menyalurkan banyak bakat yang hampir tersia-siakan. Atau, paling tidak menjadi tempat bertemunya berbagai ide dan gagasan menarik yang bermuara pada keinginan untuk memajukan skena serta budaya.

Klise memang, namun sekonyong-konyong, hal tersebut adalah murni dan harus digerakkan untuk membuat pergerakan independen sebagai cikal bakal terciptanya kondisi budaya seni yang sehat akan makin sehat dan bisa membanggakan.

Independensi adalah bukan lagi hak mutlak pelaku kegiatan musikal gorong-gorong atau bawah tanah. Hingga istilah underground itu muncul sampai tertanam dibenak banyak pelakunya, adalah semacam tugas bersama untuk menyuarakannya lebih nyaring lagi dengan cara terus menerus bergerak, tanpa henti!!

Music for Brighter Day Se7en

flyer

Music for Brigther Day dalam konsistensinya sebagai salah satu movement musisi independen lokal yang berasal dari kota Makassar berhasil diadakan 6 kali sejak 2010 dengan tujuan untuk menyatukan band-band indiependen dari berbagai genre musik untuk bergerak bersama.

Dalam pergerakannya selama 6 tahun terakhir selain dengan konsep indie band gigs, juga dirangkaikan dengan rilisan album kompilasi di beberapa edisi Music for Brighter Day. Pergerakan ini berhasil mewadahi puluhan hingga ratusan band indie yang tidak hanya berasal dari kota Makassar, namun juga oleh band-band dari berbagai kota di Indonesia.

Hingga di edisi ke-enam Music For Brighter Day berhasil mengikutsertakan band independen dari negara lain dari benua berbeda seperti Prancis, Australia, dan Singapura. Bahkan untuk memperluas pergerakan ini, Music for Brighter Day tidak hanya diadakan di kota Makassar sebagaituan rumah gelaranini, namun di edisi kelima dan keenam Music for Brighter Day sukses diadakan di pulau dewata Bali.

Tahun ini Music for Brighter Day akan kembali digelar di kota Makassar ,tempat  dimana pergerakan ini lahir. Music for Brighter Day tahun ini terasa spesial dan seperti reuni beberapa band lokal Makassar yang telah berpartisipasi di acara Music for Brighter Day sebelumnya,yaitu Standing Forever, Dunce Dance, FrontxSide, Ska with Klasik, Speed Instinct, My Silver Lining, All Confidence Out, The Vondallz, Addict Motion, dan Protocol Afro asal Jakarta.Pendatang baru dalam pergerakan Music for Brighter Day kali ini adalah: Kapal Udara, Adi Saleh,  Idiot Einstein, Makassar Rock Steady, Eksekutor Mutilasi (Bone), dan Pygmy Marmoset asal Bali juga akan ikut berpartsipasi dalam gelaran ini untuk pertamakalinya.

Music for Brighter Day tahun ke-Tujuh ini atau Music for Brigther Day se7en akan diadakan di daerah Perintis Kemerdekaan Makassar, tepatnya di pelataran parkir Rhapsody Café (tepat di samping kampus STIMIK Diipanegara) pada hari Sabtu  6 Agustus 2016.

Untuk penentuan venue, ada sedikit kendala tentang masalah perijinan untuk memakai area parkir Rhapsody Café dan sebelumnyas empat diumumkan, venue pindah ke area parkir Gelael & Undersiege Perintis Kemerdekaan, namun karena memperhitungkan kondisi venue yang lebih strategis dan setelah benegosiasi, Music for Brighter Day se7en akan tetap diadakan di pelataran parkir Rhapsody Café.

Selain akan dimeriahkan oleh penampilan 14 band lokal Makassar dan 2 band dari luar kota Makassar, Music for Brighter Day se7en juga akan dimeriahkan oleh kegiatan dari banyal komunitas kreatif se Makassar serta beragam konten menarik lainnya.

Pergerakan ini dengan sangat antusias akan terus saya doakan dan amati perkembangannya. Semisal nantinya pergerakan ini bukan hanya dilakukan atau digerakkan secara independen atau bersama-sama dalam banyak keterbatasan, minimal pergerakan ini toh telah membuka mata dan hati para pelakonnya, bahwa apa yang mereka gerakkan dengan penuh semangat, akan diwariskan dengan bangga untuk banyak orang.

 

iko

Siasat Partikelir, Kolektif 13 Kota, Bergerak Bersama, Rapatkan Barisan!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *