‘Kemanageran’ Dalam Dunia Pertunjukan

sekuat apakah posisi manager band atau artis solo dalam mempengaruhi kebijakan penyelenggara acara musik atau event lainnya?

Bisakah road manager menentukan hal-hal yang berakibat bertambahnya anggaran sebuah pelaksana event atau gigs musik?

Kuat mana, band manager atau road manager?

Dalam banyak kesempatan, penggagas atau eksekutor acara musik dalam menentukan siapa artis atau band atau solois yang diundang main ke acara mereka akan berkomunikasi dengan manager atau band manager atau raod manager dari artis solo atau band tersebut. Padahal tidak semua dari manager itu juga yang terpublish menjadi contact person resmi dari band atau artis solo yang akan diundang.

Band atau solois bisa jadi telah mempunyai manager sendiri (atau personal manager) sebelum bergabung ke dalam agency atau booking agent yang ditunjuk dan punya kuasa untuk ‘menjual’ jasa tampil band atau artis bersangkutan. Dimana personal manager atau band manager atau artist manager juga ‘berhak’ menjual jasa artis atau band bersangkutan. Semuanya dimungkinkan biasanya dengan perjanjian di depan tentang banyaknya dan jumlah hak yang diperoleh jika jualannya laku.

Jadi, band atau artist bersangkutan bisa bergabung dalam agency atau jalan sendiri dengan atau personal manager, tergantung dari seberapa besar ketergantungannya. Agency atau booking agent awalnya bukan sebuah hal yang mendasar namun dengan perkembangan pesat dunia show biz pertunjukan, biasanya, atau banyak band dan solois akhirnya memilih untuk bergabung dengans sebuah management keartisan atau agency atau booking agent, dengan pertimbangan makin banyak link makin banyak kesempatan beroleh job manggung tentunya. Sudah begitu, apakah agency itu penting? bisa iya bisa tidak, tergantung visi misi kedepan band atau solois bersangkutan, tapi untuk personal atau band manager, saya bersikukuh untuk ‘mengharuskan’ hal itu.

Manager personal biasanya dipilih karena unsur kedekatan. Mereka atau ia biasanya sudah tahu kebiasaan-kebiasaan baik buruknya si solois atau band sebelum mereka mulai jualan jasa. Personal manager juga kerap digabung fungsinya dengan personal assistant, dan biasanya, biasanya yah, personal manager itu perlu campur tangan profesional lagi demi memuluskan jualan dan bertanggung jawab ke hal yang sifatnya sangat technical, maka muncullah road manager.

Sebelum manggung, band atau solois butuh tahap ‘perkenalan’ dengan calon pemakai jasa. Hal tersebut biasanya dilakukan oleh manager band atau personal manager. Urusan kontrak dan administrasi biasanya dibereskan dalam tingkat ini sebelum diturunkan ke road manager yang menghandle segala urusan setelah ada kata ‘deal’ dan ada kewajiban pembayaran down payment. Jadi dari sisi pentingnya, manager personal atau manager umum atau manager band dan road manager sebenarnya sama nilainya, karena toh pembagian tugasnya seperti diatas sudah jelas. Tapi biasanya juga, road manager ‘bukan’ orang lama atau malah tenaga profesional yang diperbantukan oleh agency bersangkutan dalam mengurus keperluan lanjutan setelah ada deal-deal tertentu.

Kontrak kerjasama yang berlaku atas dasar kesepakatan antara band atau artist bersangkutan yang biasanya diwakili oleh agency atau manager dilakukan dan dieksekusi di lapangan oleh road manager. Termasuk soal transportasi, akomodasi, makan minum, soundcheck, press conference, visit media sampai saat show dan lain-lain adalah hal-hal yang dieksekusi road manager. Tapi ada juga lah artist atau band yang tidak memerlukan dan tidak punya manager, demi efiensi mungkin atau hal lainnya, manager personal atau manager umum juga bertugas untuk melakukan semua hal turunan dari kontrak kerja yang telah disepakati. Nah, yang masalah jika data dan keterangan antara manager personal atau manager umum dengan road manager tidak sama, siapa yang harus dipatuhi? biasanya sih kembali lagi keatas, tapi ada juga pihak pengundang yang menyelesaikannya di tahap pemakai jasa dan road manager.

Menentukan jumlah rombongan, flight, dan lain-lain sebenarnya adalah hak mutlak manager atau agencynya, namun biasanya road manager juga berandil di dalamnya.

Hal-hal lain terkait fungsi manager dan road manager biasanya juga tergantung kebijakan internal, semoga bisa saya bahas dilain waktu yaa

salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *